MENERAPKAN NEGOSIASI INTEGRATIF
PADA
PT. SANTOS ABADI JAYA (PT. KAPAL API)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Negosiasi adalah bentuk kegiatan yang kerap dilakukan dalam semua level
kehidupan. Berdasarkan cara mencapai keputusan dan pemenuhan kepentingannya,
ada dua macam negosiasi yaitu distributive negotiation dan integrative
negotiation. Distributive negotiation lebih akrab dikenal sebagai negosiasi
yang bersifat win-lose atau zero sum sedangkan integrative negotiation dikenal
sebagai negosiasi yang bersifat win-win. Harvard Business Essentials (2003)
memaknai negosiasi integratif sebagai proses negosiasi dimana pihak-pihak yang
terlibat mengintegrasikan kepentingan-kepentingan yang dimiliki untuk dapat
memperoleh hasil yang menguntungkan kedua belah pihak.
Negosiasi integratif adalah negosiasi yang dilakukan untuk mencari sebuah
kesepakatan yang menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu,
perlu adanya rasa saling mengerti dan memahami apa yang menjadi kepentingan
dari semua pihak. Hal itu dapat dibangun dengan menjalankan empat langkah yang
telh dijelaskan di atas. Elemen-elemen penting juga harus dilakukan agar
negosiasi berjalan lebih mudah. Dengan demikian, kemampuan berkomunikasi yang
baiklah yang menjadi unsur penting dalam melangsungkan negosiasi integratif.
Saat ini terdapat sejumlah pemain untuk kategori produk kopi instan.
Banyaknya kompetitor merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam persaingan
dunia usaha dan dapat diatasi oleh perusahaan ketitka mereka terus memperhatikan
Analisis Swot pada perusahaanya dengan tujuan dari segi kelemahan dan ancaman
merekan sudah mulai menemukan cara dan mengevaluasi untuk mengatasi
permasalahan yang ada dan dalam memasarkan suatu produk sangat diperlukan
kepaduan 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Strategi marketing MIX
dalam memenuhi kepuasan pelanggan dan mempertahankan awareness produk di mata
pelanggan.
1.2
Perumusan Masalah
Bagaimana penerapan Negosiasi
Integratif dalam PT. Santos Abadi Jaya ?
1.3
Ruang Lingkup
Pembahasan
Bagaimana langkah-langkah negosiasi
pada PT. Santos Abadi Jaya
BAB II
GAMBARAN UMUM
dan TINJAUAN TEORI
2
2.1
Profil Perusahaan
PT Santos Jaya Abadi yang mewarisi tradisi sekental kopinya. Sebagai
usaha keluarga pemilik merk kopi terbesar di Indonesia, akar perusahaan ini
mulai tumbuh dari sebuah industri rumah tangga sederhana di Surabaya, di mana
lebih dari 79 tahun silam pada tahun 1927, Sang Pelopor Go Soe Loet memproduksi
kopi terkenalnya.
Dalam rentang waktu tak terlalu lama, perusahaan mulai memproduksi kopi
dengan merk “Kapal Api” yang secara langsung mengaspirasikan simbol teknologi
tertinggi dan kemewahan pada zaman tersebut. Lebih dari itu, inspirasi untuk
senantiasa mengacu pada kualitas, menjadikan perusahaan mengalami kemajuan yang
pesat dan berkelanjutan.
Pada tahun 1970, perusahaan melakukan perkembangan sekaligus perubahan.
Generasi kedua mulai tampil untuk memastikan kelanjutan dan kesuksesan usaha
dengan memperkenalkan mesin dan peralatan mutakhir, mengembangkan manajemen,
meningkatkan keterampilan tenaga kerja serta memperluas penyebaran produk
hingga tersedia di seluruh Jawa Timur. Tahun 1980 kami membangun pabrik yang
sekarang berada di Sepanjang, Sidoarjo, Jawa timur. Pada tahap ini, merk Kapal
Api telah menjadi penyangga utama perusahaan yang tersebar rata di seluruh
Indonesia sekaligus menjadi pemimpin pasar dengan rangkaian produk lengkapnya. PT
Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang juga berhasil
meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day, Ya dan Kapten. Hingga
kini, PT Santos Jaya Abadi dengan rangkaian produknya telah menjadi bagian dari
keseharian dan bahkan berlangsung dari generasi ke generasi.
2.1.1
Sejarah dan Profile Perusahaan
Nama perusahaan
: Kopi Indo Rasa
Badan hukum
: Perseroan Terbatas
Berdiri
: 8 Agustus 2009
Alamat
: Delta Silicon II Lippo Cikarang, Kavling
Luas bangunan
: 55,82 x 107,74 m atau sekitar 6000 m2
Luas perkebunan
: 35 hektar di Lampung
2.1.2
Visi, Misi dan Tujuan Korporasi
Visi : Menjadi perusahaan kopi instan terkemuka dan terbesar di dunia
Misi :
· Mengubah paradigma cara penyajian
kopi instan dengan menawarkan kepraktisan kopi celup bercita rasa khas tinggi
· Market leader dalam pasar kopi
instan.
· Menciptakan trend baru
penyajian kopi untuk gaya hidup dinamis dan modern.
Tujuan :
1)
Memenuhi kepuasan konsumen melalui kepraktisan penyajian kopi celup.
2)
Memaksimumkan profit perusahaan
Motto : “ Bagi kami, Kepuasan konsumen adalah
segalanya ”
Kapal Api :
1.
Unggul dalam popularitas merek dan daya tarik promosi
2.
Strategi menyerang dengan melakukan diversifikasi variasi rasa dengan
memanfaatkan popularitas merek
2.1.3
Struktur Organisasi
·
Direktur
: Sinukaban Jordan
·
Manajer Adm & Keuangan
: Ika Arsianti Dwi
·
Kabid Administrasi
: Sanitianing Anggraini
·
Kabid Keuangan
: Goldati Agritha
·
Manajer HRD
: Saiful Zafar
·
Kabid Recruitment
: Husein Brando
·
Kabid Pengembangan SDM
: Ferry Handoko
·
Manajer Pemasaran
: Renatalido Arios
·
Kabid Sales & Marketing
: Susan Hanifa
·
Kabid Distribusi
: Andrian
·
Kabid Promosi
: Alfredo Zebua
·
Manajer Produksi
: Muhamad Irfan
·
Kabid Persiapan Bahan Baku
: Amir Santoso
·
Kabid Processing
: Hendra Purnomo
·
Kabid Packaging & Storing
: Asep Sudarma
·
Manajer R & D
: Fajar Rachman
·
Manajer Perkebunan
: Ateris Bilada
2.2
Bentuk Badan Usaha PT. Santos Abadi Jaya
Bentuk badan usaha PT. Santos Jaya Abadi adalah Perseroan Terbatas
2.3
Bidang Usaha PT. Santos Abadi Jaya
PT.
Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman
yang bermarkas di Sepanjang, Sidoarjo. Beralamat di Jalan Gilang, Sidoarjo. Dalam rentang waktu tak terlalu lama, perusahaan mulai memproduksi kopi
dengan merk “Kapal Api”. Selain itu PT Santos Jaya Abadi juga membuat produk
kopi lain, yaitu Excelso, ABC dan Kapten.
2.4
Daerah Pemasaran PT. Santos Abadi Jaya
Dalam hal
distribusi, Kopi Kapal Api menggunakan jalur distribusi di warung-warung sampai
supermarket dan pasar tradisional yang tersebar merata di seluruh pelosok tanah
air serta menjangkau berbagai kalangan. Harga Kopi Kapal Api yang ekonomis
yaitu Rp 900,00/sachet dengan netto 25g mampu menyediakan kebutuhan konsumen di
semua kalangan, khususnya usia 18-35 tahun yang dalam kehidupannya penuh dengan
aktivitas.
Produk special
yang ditawarkan merupakan kunci dan strategi PT Santos Jaya Abadi untuk
membidik pasar sehingga tetap melekat dengan lidah konsumen. Kopi Kapal Api
yang diklaim menggunakan 100% biji kopi pilihan dan tanpa campuran mampu
mempertahankan konsumennya sejak awal berproduksi hingga sekarang. Promosi tidak
tanggung-tanggung di media cetak, elektronik maupun secara bersinggungan
langsung dengan konsumen yang dikemas secara inovatif, dedukatif, dan inpiratif
yang menggiring konsumen berpikir positif.
Tahun 2007,
Kapal Api bertengger di posisi teratas dengan porsi 44,3% sedikit lebih tinggi
dari tahun 2006 yang memperoleh 44,0%. Disusul kemudian oleh ABC, dengan porsi
17,9%, naik sedikit dari tahun 2006 yang mendapat porsi 17,5%. Sedangkan merek
Ya bertengger pada posisi ke-6 pada 2006 dengan porsi 2,3% dan posisi ke-8 pada
2007 dengan porsi 2,2%. Sementara Good Day berada pada posisi ke-13 pada 2006
dengan porsi 0,6% dan posisi ke-11 pada 2007 dengan porsi 0,9%.
2.5
Tinjauan Teoritis
Lewicki, Roy J, et al. 2007. (3) Strategy and
Tactics of Integrative Negotiation dalam Essentials of Negotiation (4th
edition). New York : McGraw-Hill Companies, Inc.
BAB III
PEMBAHASAN
3
3.1
Masalah yang Terjadi
Hingga saat ini kopi
Kapal Api mampu mempertahankan loyalitas konsumennya. Namun, belakangan ini
banyak pemain baru di industri kopi bubuk bermunculan. Hal tersebut berkaitan
dengan konsumsi kopi di Indonesia yang terus meningkat.
Banyaknya kompetitor
merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam persaingan dunia usaha. Hal
inilah yang saat ini perlu diperhatikan oleh kopi Kapal Api agar eksistensinya
tidak menurun di masyarakat mengingat banyak produk kopi instan lain yang
muncul sebagai kompetitor yang mencoba merebut pasar kopi Kapal Api.
3.2
Penyelesaian Masalah
3.2.1
Mengidentifikasi Masalah
“Peluang dan Acaman” Perusahaan Kopi Kapal api masih memiliki
Peluang untuk menguasai pangsa pasar kekitar 40% dari 60% yang sudah dikuasai
kopi kapal api nah hal tersebut tentunya peluang yang sangat bagus. Dengan
adanya peluang tentunya banyak kompetitor yang mengincar peluang sesama
tersebut dan ini menjadikan persaingan yang sengit. Perusahaan harus lebih
memantapkan strategi manajemen agar dapat bersaing mengungguli para
kompetitornya dan selalu berinovasi produk dan menjaga kualitas produk,
pelayanan,dan promosi agar perusahaan tetap bisa berada pada keunggulan pasa
kopi.
a.
Strategi dan Taktik Tawar-menawar Distributif
Dalam situasi
tawar-menawar distributif, tujuan satu pihak biasanya bertentangan langsung
dengan tujuan pihak lain. Sumber daya bersifat tetap dan terbatas, dan kedua
belah pihak ingin memaksimalkan bagian dari hasil yang akan diperoleh. Salah
satu strategi penting adalah menjaga informasi secara hati-hati—negosiator
hanya boleh memberikan informasi ke pihak lain jika informasi tersebut
memberikan keuntungan strategis. Sementara itu, mendapatkan informasi dari
pihak lain untuk meningkatkan kekuatan negosiasi merupakan langkah yang baik.
Tawar-menawar distributif pada dasarnya adalah persaingan siapa yang akan
mendapatkan sumber daya terbatas yang paling banyak, sering kali berupa uang. Kemampuan
kedua belah pihak untuk mencapai tujuan mereka akan bergantung pada strategi
dan taktik yang mereka gunakan (Walton dan Mckersie, 1965).
1.
Strategi PT. Santos Jaya Abadi Kopi Kapal Api
Dalam meningkatkan daya saing
industri kopi perusahaan melakukan berbagai cara dengan alat strategi jitu yang
setiap perusahaan memiliki memiliki cara dan strategi yang berbeda dalam
mendekatkan diri kepada konsumen dan pelangganya, adapun strategi yang
digunakan oleh perusahaan kopi kapal api sebagai berikut :
Strategi marketing mix PT. Santos jaya abadi
1)
Produk
Dikarenakan mutu yang selalu
terkendali produk kopi kapal api sisambut secara antusias oleh para pencinta
kopi. Pasar Indonesia belum pernah mendapat pilihan kopi dengan kualitas baik
kapal api. Ramuan istimewa kapal api menawarkan kualitas yang baik rasa yang
mantap dan aroma yang memikat. Untuk memenuhi kebutuhan pasar dan penikmat kopi
maka perusahaan ini telah berinovasi dengan membuat kopi kapal api dengan
farina rasa yang beragam, seperti kapal api special (kop bubuk murni), kapal
api kopi susu (kopi, gula, dan susu) sampai dengan produk baru yaitu kapal api
mocha(kopi, gula, dengan campuran coklat).
2)
Harga
Dari segi harga, kapal api grande
sachet 25 g Rp 1000. Dapat langsung dinikmati dan ini merupakan harga yang
terjangkau oleh masyarakat dan dari jenis kopi sachet produk kopi kapal api
harga mulai dari Rp 1000. Masih sangat terjangkau oleh masyarakat luas sehingga
mampu bersaing dengan kompetitor lainya.
3)
Distribusi
Perusahaan menggunakan jalur
distribusi dalam memasarkan produk kopi kapal api sampai ke warung dan
supermarket untuk mempermudah konsumen mendapatkannya dan tersedia dalam jumlah
besar.
4)
Promosi
Produk Spesial yang ditawarkan
merupakan kunci dari strategi Pt. Santos Jaya Abadi dalam membidik pasar
sehingga tetap melekat dengan lidah konsumen. Kopi kapal api yang diklaim
menggunakn 100% biji kopi pilihan dan tanpa campuran mampu mempertahankan
konsumennya sejak awal beroperasi hingga sekarang. Hal ini yang memicu rasa
optimism marketing manager Pt. Santos Jaya Abadi Soegiono bahwa produk tubruk
yang diproduksi oleh perusahaannya mampubersaing dengan produk lainya,
dikarenakan keunikan rasa dan biji kopi yang diolha membuat kopi tubruk hingga
saat ini masih tetap bertahan di tengah persainggan dengan kopi instan lainya.
2.
Cara-Cara Marketing PT. Santos
Jaya Abadi Produk Kapal Api
1)
Cara Marketing Tidak Langsung
a.
Iklah di Web dan Radio
Cara marketing kapal
api secara tidak langsung dilakukan menggunakan iklan dan saluran radio di
Indonesia. Hal ini tentunya akan menambah peminat atau pencinta kopi bahwa ada
varian baru dari perusahaan kopi kapal api yang tentunya akan
membuat”penggila”kopi penasaran untuk mencobanya. Bahkan promo yang dibuat
dengan membeli 2 gratis 1 juga sangat jelas itu merupakan strategi pasar untuk
meninkatkan hasil penjualan Memperkenalkan Produk baru melalui web salah
satunya dengan meng-share setiap varian jenis rasa kopi kapal api dan
dengan diadakan iklan yang baru launching di televise akan dishare melalui web
resmi kopi kapal api. Dan bagi yang suka gratisan tanpa mengeluarkan uang ikut
kuis melalui official account twitter kapal api juga akan menambah konsumen.
Cara melalui twitter kita diharuskan men twitpict atau mengupload foto kita
saat menikmati kopi kapal api. tentunya hal ini adalah salah satu strategi jitu
untuk mebidik pasar konsumen dengan cara yang mudah tentunya dan tidak
mengeluarkan biaya pemasaran yang cukup mahal.
b.
Hadiah Gratis
Suatu hal yang gratis
pasti banyak diinginkan setiap orang nah kopi kapal api menarik konsumenya
dengan cara melakukan pembelian kopi senilai 30.000 maka akan mendapatkan alat
coffe press yaitu alat yang digunakan penikmat kopi untuk menemukan cara nikat
enaknya kopi hitam tanpa ampas.
c.
Mengupload Foto
Mengupload foto dan
cara baru menikamati kopi Kapal Api, banyak pecinta kapal api melakukan
kegiatan mengupload moment ketika mereka sedang menikmati kopi dalam suasana
yang hangat melalu medi facebook,instragram,dan media solial lainya nah inilah
strategi yang tidak langsung. Banyak respon positif ketika foto-foto mereka
diupload pada media social justru memberi keuntungan bagi perusahaan dalam
memperkenal kan produknya secara tidak langsung konsumen itu sendiri yang
melakukan promosi.
d.
Iklan di televisi
Membutuhkan biaya
besar jika harus mengiklankan promosi produk pada media televise dikarenakan
hasilnya juga efektif, rata –rata penduduk masyarakat telah banyak yang
memiliki televise nah dantidak semuanya mengetahu penggunaan internet begitulah
sekiranya biaya media televise terbilang mahal. Akan tetapi perusahaan kopi
kapal api tidak memfokuskan akan hal itu melainkan bagaimana caranya semua
masyarakat Indonesia mengenal produk kapal api dengan pasti.
2)
Cara Marketing Langsung
a.
Mendirikan Tennant/ Kedai kopi
Salah satu kopi house
kapal api sebagai brand no1. Diindonesia dengan banyaknya orang yang datang dan
menantri untuk menikmati secangkir kop secara langsung, dan tempat ini
digunakan para pecinta kopi untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga.
b.
Melakukan Event Langsung ke
konsumen
Salah satunya cara
kapal api untuk menari perhatian dan simpati konsumen dengan melakukan kegiatan
car free day atau terjun kelapangan dengan memberikan bingkisan konsumen yang
lewat di setiap perjalanan kota.
3.
Strategi Integrated
Marketing Communication (IMC) Kapal Api
·
Tema strategi IMC Kapal Api (KA): “Secangkir Semangat untuk Indonesia “,
berupa aktivitas above the line dan below the
line, distribusi serta social responsibility marketing,
termasuk melalui media sosial yang sedang in di pasar.
- “Secangkir
Semangat untuk Indonesia” menjadi payung eksekusi di semua lini komunikasi
sehingga menjadi fokus kampanye yang saling memperkuat dengan konsep
pemasarannya ke konsumen.
- Konsep
“Secangkir Semangat untuk Indonesia” adalah memberi semangat dan mengajak
berpikir positif. Ini upaya KA membuat pencitraan yang positif, tak lagi
sekadar jualan produk.
- KA
berupaya beradaptasi dengan perkembangan seperti hadirnya media sosial
atau digital mobile.
- Semua
itu dilakukan dengan berpijak pada tiga pilar bisnisnya: operational
excellence & cost effectiveness, innovation & product
leadership, serta consumer engagement or intimacy.
3.2.2
Mengerti Situasi Negosiasi Integratif
Situasi Tawar-Menawar Distributif untuk
menggambarkan cara kerja proses tawar menawar distributif, ada beberapa harga
disebutkan : (1) harga yang diminta, (2) harga yang ingin dibayarkan, dan
(3) harga beli. Harga-harga ini merepresentasikan poin-poin kecil dalam
analisis situasi tawar menawar distributif.
Harga yang di inginkan adalah titik target,
titik dimana negosiator ingin menutup negosiasi-tujuan optimalnya. Target
tersebut juga disebut sebagai aspirasi negosiator. Harga yang tidak diinginkan
adalah titik resistansi, inti milik negosiator-harga maksimal yang dibayarnya
sebagai pembeli (bagi penjual, jumlah tersebut adalah batas harga terendah yang
dapat diterima). Titik tersebut juga disebut sebagai harga reservasi. Terakhir,
harga yang diminta adalah harga awal yang di tentukan oleh pembeli, untuk
menawar harga yang diminta dengan mengajukan penawaran awal-angka pertama yang
ia berikan kepada penjual.
3.2.3
Memahami Posisi-Posisi yang Diambil Selama
Negosiasi
a.
Penawaran
Pembuka
Ketika negosiasi dimulai, pihak dari PT. Santos Jaya Abadiakan dihadapkan
dengan situasi yang cukup membingungkan. Karena pihak PT. Santos Jaya Abadiakan
melakukan penawaran pertama dalam negosiasi. Tapi hal tersebut memberikan
keuntungan bagi pihak PT. Santos Jaya Abadi yang
membuat penawaran tersebut. Namun pihak PT. Santos Jaya Abaditersebut perlu
berhati-hati karena ketika calon customer mengetahui bahwa harga yang di
tawarkan terbilang sangat tinggi, maka berakibat calon customer tersebut
menjadi malas untuk melanjutkan negosiasi dan memilih tempat lain untuk
membelinya.
b.
Sikap
Pembuka
Keputusan kedua yang harus diambil oleh pihak PT.
Santos Jaya Abadi di awal tawar menawar
integratif berkaitan dengan sikap yang di adopsi selama negosiasi. Pihak PT. Santos
Jaya Abadi harus
mempertimbangkan pesan yang ingin mereka sampaikan dengan sikap pembuka dan
konsesi selanjutnya karena terdapat kecenderungan negosiator untuk memperbaiki
respons “baik” terhadap taktik distributif dalam negosiasi.
c.
Penawaran
akhir
Pada akhirnya, pihak PT. Santos Jaya Abadi ingin
menyampaikan pesan bahwa tidak ada ruang pergerakan yang lebih jauh–bahwa
penawaran saat ini adalah yang terakhir. PT. Santos Jaya Abadi mungkin
akan membiarkan keberadaan konsesi lebih jauh untuk menyampaian pesan dari pada
memaksakan dari pihak lain. Pihak lain mungkin pada awalnya tidak akan
mengenali penawaran terakhir merupakan final dan mungkin bersukarela untuk
konsesi lebih jauh untuk mendapat respons dari pihak lain. Mendapati bahwa
tidak ada konsesi lanjut yang terjadi, pihak lain mungkin
merasa dikhianati dan merasa bahwa pola konsesi –konsesi balasan dilanggar.
Konflik yang diakibatkan mungkin dapat membuat negosiasi menjadi rumit.
3.3
Membuat Solusi Alternatif Masalah
Terus Berinovasi
·
Perkembangan
zaman yang bergerak cepat pun mendidik PT Santos Jaya Abadi untuk terus
berinovasi setiap saat. Untuk membuat Kapal Api semakin dikenal luas, PT Santos
Jaya Abadi tidak hanya mengiklankan produk-produk mereka di media televisi atau
sosial media, tetapi juga menciptakan customer engagement yang memosisikan
konsumen sebagai subjek dan bagian dari Kapal Api. Customer engagement yang
dimaksud bisa terlihat dari digelarnya program #BaristaMuda, sebuah program
yang digunakan untuk menyebarkan serba-serbi kopi kepada anak-anak muda. PT
Santos Jaya Abadi juga mengadakan roadshow untuk
mengedukasi masyarakat mengenai kopi sembari mengenalkan bahwa Kapal Api adalah
merek kopi terbaik Indonesia.
·
Inovasi-inovasi
itulah yang membawa PT Santos Jaya Abadi mengalami pertumbuhan. Dikutip dari
Majalah SWA, pada tahun 2015, PT Santos Jaya Abadi bahkan bisa tumbuh sebanyak
dua digit meskipun kondisi perekonomian Indonesia cenderung berjalan lambat dan
banyak industri yang mengalami kelesuan. Rahasianya pun sebenarnya begitu
sederhana: jangan lelah untuk terus berinovasi, serta tetaplah konsisten
menciptakan produk kopi dengan kualitas terbaik.
·
Besarnya nama Kapal Api sebagai
produsen kopi di Indonesia merupakan bukti dari konsistensi PT Santos Jaya
Abadi dalam menyokong produk-produknya. Selama bertahun-tahun, PT Santos Jaya
Abadi terus menjaga kualitas kopi Kapal Api sehingga tak heran jika kopi Kapal
Api memiliki aroma dan rasa yang jelas lebih enak.
3.4
Mengevaluasi Solusi Masalah
Tahap terakhir negosiasi dari yang dilakukan PT Santos Jaya Abadi adalah mengevaluasi solusi yang sudah
dihasilkan untuk masalah tersebut. Dengan melakukan evalusi diharapkan para
karyawan dapat terus memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan, dan para
karyawan dapat lebih mengerti tentang solusi yang diberikan oleh perusahaan.
Selain itu diharapkan dari evaluasi yang dilakukan oleh manager PT Santos Jaya Abadi dapat
dilaksanakan oleh karyawan, sehingga terus meningkatkan penjualan produk, dan
menambah daya tarik dari masyarakat.
·
BAB IV
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Kopi Kapal Api berhasil dalam mengoptimalkan
strategi marketing mix untuk memenuhi kepuasaan pelanggan. Inovasi produk terus
dilakukan dengan differensiasi produk dengan variasi rasa dan harga yang
terjangkau konsumen. Konsumen diberi kemudahan untuk memperoleh produk di pasar
dan tetap menjaga dan meningkatkan konsumen dengan menayangkan iklan maupun
mengadakan kegiatan-kegiatan yang inovatif.
Segala upaya Perusahaan Kopi kapal api tentunya dapat meningkatkan Profit
Penjualan dan secara tidak langsung perusahaan menyokong kebutuhan konsumen
dengan varian rasa kopi yang justru kebutuhan kopi terbilang wajib dan
dibutuhkan disetiap kalangan masyarakat dari tingkat bawah hingga masyarakat
kalangan atas dari harga terjangkau hingga harga peremiun, dan sekaran banyak
dijumpai bahwa produk kopi kapal api sudah menginovasikan produknya dengan
minuman kemasan botol yang dapat diminum dan dibawa setiap saat, hal itu
tentunya memudahkan masyarakat untuk memperoleh minuman kopi kemasan seperti
pada saat saat tertentu dan mendesak diperjalanan, minuman kopi juga dipercara
dapat memberikan kesegaran pada tubuh jika dikonsumsi 2 kali dalam sehari efek
zat pada kandungan kopi dapat membugarkan tubuh untuk beraktifitas lebih gesit
dan membuat mata lebih segar dan fokus.
3.2
Saran
Kopi Kapal Api harus selalu memperhatikan
kompetitor-kompetitor yang ada. Kopi Kapal Api harus tetap melakukan inovasi
produk dan selalu menarik dan menjaga konsumen melalui promosinya, sehingga
jika ada ancaman dari produk kompetitor, Kopi Kapal Api tetap dapat
mempertahankan posisinya. Komunikasi pemasaran menjadi sangat penting karena
masing-masing kompetitor akan terus melakukan inovasi bahkan saling tiru-meniru
dalam rangka menaikkan market share.
Perusahaan Kopi kapal api harus selaku memperhatikan akan kompetiornya pada
setiap penjuru nasional dan internasional. Kopi kapal api harus tetap melakukan
inovasi-inovasi produk sesuai dengan perkembangan kebutuhan konsumen menarik
dan menjaga pelangganya agartetap loyal terhadap produknya, perusahaan harus
tetap jeli terhadap promosi agar terus dilakukan berkesinambungan dengan upaya
yang seefisian mungkin dan seoptimal mungkin. Terus meningkatkan Komunikasi
pemasaran dalam rangka upaya mepertahankan posisi perusahaan untuk terus
memperoleh loyalitas dan simpat konsumen dan pelangganya, dan hal komunikasi
pemasaran juga menjadi hal penting untuk bagi perusahaan dalam menyaingi
competitor yang seakan-akan terus melakukan inovasi bahkan saing tiru meniru
dalam rangka persaingan menaikan market share. Dengan terus melakukan
antisipasi dengan strategi analisis yang baik diharapkan juga bagi perusahaan
dapat memperbaiki segala kememahan dan mengatasi segala ancaman, yang nantinya
akan menjadiakan perusahaan untuk tetap unggul dalam persaingan pasar.
DAFTAR PUSTAKA
Lewicki, Roy J, et al. 2007. (3)
Strategy and Tactics of Integrative Negotiation dalam Essentials of Negotiation
(4th edition). New York : McGraw-Hill Companies, Inc.
Rangkuti, Freddy. (2013), Teknik
Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Jakarta: PT. Gramedia
https://waktunyakapalapi.com/pt-santos-jaya-abadi-konsisten-menciptakan-produk-kopi-terbaik/
Anonim, 2008, Indonesian Consumer Profile
(ICP), PT Capricorn MARS Indotama
Anonim, 2009, Kopi Kapal Api, Jelas Lebih
Enak, www. news.primeaccesscard.com
Kotler, 2000, Marketing Management Millenium
Edition, tenth ed., Prentice-Hall, Inc., USA.
Kotler, P., dan Keller, K.L., 2008, Manajemen
Pemasaran Edisi 12, Cetakan III, Alih Bahasa oleh Benyamin Molan, 5-24;
177-183.
Komentar
Posting Komentar